Langsung ke konten utama

Kuliah Singkat Pengadilan Militer III-18 Ambon untuk 18 Mahasiswa FH Unpatti



 

    Kamis, 10  juni 2021 unit kegiatan mahasiswa (UKM) Peradilan Semu fakultas hukum unpatti melakukan kunjungan belajar ke pengadilan militer III- 18 Ambon. Stevanus Keihi selaku ketua umum UKM Peradilan Semu fakultas hukum bersama 17 orang pengurus dan anggota  bertemu dengan Kolonel CHK Sultan S.H selaku Kadilmil Ambon dan dua jajarannya yaitu Mayor  CHK Dedi Wigandi . S.Sos.S.H dan Mayor CHK Farid Iskandar , S.H, M.H.

    Tujuan kunjungan belajar ini untuk mengetahui lebih spesifik system peradilan militer yang berbeda dengan peradilan pada umumnya. Kegiatan ini merupakan agenda pertama UKM Peradilan semu ke pengadilan militer Ambon, setelah sebelumnya melakukan kerja sama dengan Pengadilan Negeri Ambon pada awal tahun 2020 guna persiapan Lomba Nasional Mourt court congressio di Kendari  September mendatang.

    Pengadilan Militer III-18 Ambon merupakan salah satu dari 19 Pengadilan militer yang ada di Indonesia. Hingga tahun 2021 yang bekerja di pengadilan Militer III-18 ambon ini sebanyak 36 orang , yang di dalamnya terdapat 5 orang hakim. Pada tahun 2020 kasus yang telah di persidangkan sebanyak 217 perkara. Sedangkan pada  tahun 2021 , input data terakhir bulan juni , perkara yang telah dipersidangkan ialah 34 perkara. Saat ini, pengadilan militer sedang meningkatkan integritasnya dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

    Pengadilan militer III-18 Ambon terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Batu Merah merupakan bawahan dari pengadilan militer yang juga bawahan dari pengadilan militer utama.salah satu pesan dalam sambutannya colonel CHK Sultan S.H menyampaikan “  Produk hukum yang buruk akan tetap membuat hukum itu baik jika memiliki aparat hukum yang baik, begitu pula sebaliknya. Seburuk apapun produk hukum jika aparat penegak hukumnya baik , maka hukum itu tetap akan berjalan baik”.

    Selain itu , salah satu pesan yang di sampaikan oleh Mayor CHK Dedi Wigandi S.Sos.S.H “ ia mengharapkan mahasiswa hukum menjadi lebih kritis dan mempelajari hukum secara dasar terlebih dahulu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“KPRM SEPAKAT MEMBUKA  PENDAFTARAN ULANG  PEMILIHAN BEM FH UNPATTI”        Setelah terjadi Polemik dalam pemilihan Badan Eksekutif Mahasiswa ( BEM ) Fakultas hukum Universitas Pattimura, Ketua KPRM tahun 2021 Dames Lewansorna menyampaikan kebijakan KPRM untuk membuka Pendaftaran ulang. Adapun syarat pendaftaraan ulang ini, KPRM akan membuat SOP   ( Standar Operasional Prosedur ) untuk mendukung proses pemillihan BEM tahun 2021.       Tujuan pendaftaran ulang ini di anggap menjadi solusi terhadap masalah calon Koalisi Glory yang sebelumnya tidak lolos menurut KPRM , namun setelah melakukan pertemuan dengan seluruh Pasangan Calon (Paslon) dan Wakil Dekan III   Dr, Saartje Sarah Alfons,S.H.,M.H   bersama dengan Ketua KPRM pada Rabu, 11 Agustus 2021 di lantai 2 fakultas Hukum tercapai kesepakatan bahwa Koalisi Glory   tetap menjadi salah satu kandidat dalam pemilihan BEM 2021.      Tidak hanya itu, pertimbangan lain juga dikarenakan Koalisi Matahari Baru   yang menggugat Koalis

KESIAPAN MABA FH UNPATTI MENYAMBUT PKKMB 2021

    Perkenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), merupakan masa orietasi yang   dilaksanakan   dan diikuti oleh seluruh   mahasiswa baru setiap tahun. Masa Perkenalan akan dilaksanakan   pada hari senin tanggal 13 September 2021 mendatang, akan dilangsungkan secara Virtual atau online. Walupun hanya secara online, kesiapan dari para mahasiswa baru 2021 fakultas hukum sudah sangatlah Siap “ kesiapan saya sudah dari jauh hari” ujar Sidik Hermasyah Haupea perwakilan MABA FH   Unpatti. Selain kesiapan dalam mengikuti PKKMB tersebut, ada pun   juga tujuan dan harapan dari para Perwakilan Maba FH UNPATTI 2021 ketika di wawancarai “saya ingin menjadi seorang penegak hukum yang adil dan bijaksana”   ulasan Yunita selaku MABA FH Unpatti. DPM Fakultas Hukum selaku perwakilan mahasiswa pun turut andil dalam PKKMB tahun 2021. DPMF diberikkan ruang untuk membuat Pra-Pengenalan Kampus untuk menjelang PKKMB 13 september mendatang. Pra-Pengenalan Kampus akan di laksanakan pada 9 sep