Langsung ke konten utama

PERTAMA KALI DALAM SEJARAH FAKULTAS HUKUM UNPATTI!!! Terpilihnya Mahasiswa Sebagai Dekan Sehari !

Tidak hanya Luhut Binsar Pandjaitan yang bisa menjadikan remaja 15 tahun untuk dapat menggantikannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman selama sehari. Dr. Rory. J. Akyuwen, S.H, M.Hum, Dekan Fakultas Hukum Universitas Pattimura pun melakukan hal serupa! Dengan memilih mahasiswa menjadi Dekan sehari, hal ini merupakan rekor yang diciptakan Rory Akyuwen selaku Dekan, karena untuk pertama kalinya dan belum pernah terjadi sebelumnya mahasiswa terpilih menjadi dekan sehari di Fakultas Hukum Unpatti!

Glorya Brenda Pical mahasiwa angkatan 2015 yang saat ini terpilih menjadi Dekan Sehari Fakultas Hukum Universitas Pattimura. Mahasiswa yang kini menjalankan KKN ini telah terpilih untuk menjalankan tugas selaku dekan sehari di Fakultas Hukum pada Senin, 03 Desember 2018.



Seperti yang dikatakan oleh paras cantik yang sering disapa Brenda ini saat diwawancarai oleh Pers Mahasiswa di ruang Dekan Fakultas Hukum tentang program Dekan Sehari, katanya "Dekan sehari ini adalah kebijakan dari Dekan FH yang berupa program melatih kepemimpinan mahasiswa. Program ini menjadi salah satu dorongan untuk mahasiwa agar supaya mahasiswa bukan hanya memiliki pengetahuan saja tetapi juga mampu memimpin dalam suatu instansi."

"Hal sperti ini sangat diperlukan mahasiswa baik ketika di kuliah maupun saat nanti ketika mahasiswa keluar dari Fakultas Hukum, karena pada dasarnya bekerja ditengah-tengah masyarakat, bekerja secara real itu tidak hanya melihat sisi keilmuannya saja, tetapi juga melihat skill dan pengalaman. Dengan menjadi Dekan Sehari, mahasiswa bisa menambah pengalaman sehingga skill pun dapat terasah." Lanjut Brenda.

Dekan Sehari ini langsung ditunjuk oleh Dekan Fakultas Hukum sendiri, hal ini cukup menggemparkan karena merupakan suatu kebijakan yang baru pertama kalinya dilakukan di Fakultas Hukum. Dekan memilih berdasarkan dengan melihat atau memonitoring bagaimana kinerja dari mahasiswa itu sendiri selama menjalani KKN dimana hal ini dipermudah karena untuk pertama kalinya KKN dilakukan dalam Fakultas Hukum setelah selama ini KKN selalu dilakukan diluar lingkup Fakultas.


Menurut Brenda, mahasiswa yang terpilih sebagai Dekan Sehari, hal ini merupakan suatu hal yang menarik sekaligusn menantang bagi mereka mahasiswa-mahasiswi yang sedang menjalani KKN. "Seperti sekarang ini, saya dan teman-teman sementara menjalani yang namanya proses pembelajaran tentang administrasi perkantoran. Hal ini tentu perlu pengalaman bagaimana bekerja diperkantoran, bagaimana situasi-situasi yang akan kami hadapi, bagaimana peran sebenarnya sebagai seorang pemimpin, pengalaman seperti ini sangat berarti bagi saya karena semua orang bisa pintar tetapi tidak semua orang bisa memimpin." Tambahnya.

Terpilihnya Dekan Sehari Fakultas Hukum Universitas Pattimura ini bukan berarti bahwa semua kepentingan-kepentingan Fakultas Hukum yang berkaitan dengan TUPOKSI Dekan menjadi tanggung jawab sepenuhnya bagi Dekan Sehari. Salah satu peran dekan yang dapat dikerjakan melalui kebijakan ini adalah seperti surat pemberitahuan ke dosen fakultas hukum tetapi substansi penandatangananya itu IMT dekan. Jadi bukan dekan fakultas hukum tetapi yang melaksanakan tugas dekan atau Dekan Sehari pun dapat menggantikan dekan untuk memberikan tandatangannya, tetapi hal ini hanya berlaku pada surat-surat ataupun peran dekan yang substansinya atau peranan kerjanya berada dalam lingkup Fakultas Hukum, apabila ada kepentingan diluar yang lebih luas daripada itu, maka tanggungjawabnya dikembalikan kepada Dekan Fakultas Hukum. Jadi tidak semua berkas-berkas, ada berkas-berkas penting yang memang hanya bisa ditandatangani oleh Dekan Fakultas.

Berdasarkan keterangan langsung dari Dr. Rory. J. Akyuwen, S.H, M.Hum. selaku Dekan Fakultas Hukum Unpatti, dipilihnya Dekan Sehari ini tidak memiliki aturan dasar ataupun ketentuan yang mengatur, namun hanya berupa bentuk kebijakan darinya untuk membekali mahasiswa-mahasiswi Fakultas Hukum yang saat ini sedang menjalankan KKN, hal ini diharapkannya dapat menjadi sebuah pengalaman dan pelajaran berharga kepada mahasiswa-mahasiswi yang terpilih agar ketika resmi memiliki sebuah jabatan, mereka tidak kaget dan kaku dalam menjalani tugas dan fungsi masing-masing.

Pimpinan Redaksi bersama Dekan Sehari FH Unpatti

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMPERINGATI HARI HAM SEDUNIA, INI KATA MAHASISWA FAKULTAS HUKUM !

Selamat Hari Hak Asasi Manusia Sedunia !!! Tanggal 10 Desember telah secara resmi ditetapkan sebagai hari Hak Asasi Manusia sedunia.  Hal ini menjadikan tanggal 10 Desember setiap tahunnya diperingati sebagai hari HAM. Hak Asasi Manusia merupakan suatu hal yang sangat penting yang menjadi suatu lambang bahwa manusia mendapatkan kebebasan dan memilikinya sejak lahir dan tidak dapat diganggu gugat! Namun, pada kenyataannya HAM seringkali dirampas, sering tidak diakui. Sejak dahulu kejahatan yang berupa pelanggaran kepada HAM baik pelanggaran ringan maupun berat telah banyak terjadi. Perang terjadi dimana-mana, penjajahan, dan segala bentuk pelanggaran HAM lainnya. Sejarah kelam bangsa-bangsa umat manusia telah menyadarkan kita bahwa Hak Asasi Manusia adalah hak yang tidak terbatas dan pantas dimiliki oleh setiap orang tanpa memandang bulu. Oleh karenanya Hak Asasi Manusia menjadi suatu hal yang sampai saat ini terus diperjuangkan. Kita menyadari bahwa masih banyak sauda

ALIANSI MAHASISWA UNPATTI TUNTUT TRANSPARANSI PEMBANGUNAN

                                          Demontrasi Aliansi Mahasiswa UNPATTI di Rektorat Universitas Pattimura.                                                       (UKMJurnalistikFHUnpatti/Danillo O. Saununu)  AMBON ~Aksi demonstrasi yang dilakukan oleh Mahasiswa Unpatti di belakang Rektorat, Kampus UNPATTI Rabu 02 Desember 2021 menuai perhatian. Pasalnya para demonstran menuntut tuntas menindaklanjuti dugaan kasus korupsi atas pembangunan gedung baru Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Inkubator Bisnis UNPATTI. Para demonstran yang tergabung ke dalam Aliansi Mahasiswa Peduli UNPATTI  di komandoi oleh Muhammad Rizky . Aksi ini dilakukan guna mempertanyakan Anggaran dan Kualitas Pembangunan Gedung Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) yang dinilai adanya tindak pidana korupsi "Sejak disahkan nya Fakultas MIPA oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail gedung tersebut  mengalami keretakan dan pembangunan gedung tidak sesuai dengan RAB (Rancangan Anggara

RAPAT BULANAN DPM FAKULTAS HUKUM

  Nathalia Tanikwele, sekretaris Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Hukum Universitas Pattimura   memimpin rapat evaluasi Bulan Juli hingga Agustus 2021. Rapat yang berlangsung sejak pukul 13.00 WIT di lantai 3 ruang DPMF pada Jum’at 19 Agustus 2021 membahas kinerja setiap komisi   sekaligus kelanjutan program-program DPMF yang terkendala akibat PPKM ( Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) sejak 3 juli 2020. selaku ketua Komisi A, Jisisya A. Hutubessy     bidang Penataan dan Kelembagaan Masyarakat   menyampaikan program yang telah terlaksanan yaitu pembentukan KPRM ( Komisi Pemilihan Raya Mahasiswa)   dan tengah berjalan adalah program “ Forum Aspirasi Mahasiswa” .menutup laporannya ketua komisi A mengharapkan program Bina keakraban (BINKRAB) dapat segera terlaksana. “ ada beberapa kendala , yang pertama covid , PPKM terus berlangsung . jadi katong seng bisa paksa keadaan juga.” ungkap ketua komisi A dalam laporannya.             Sedangkan pada bidang Pengawasa