Langsung ke konten utama

Workshop Sehari UKM Jurnalistik berlangsung Sederhana Dan Mengedepankan Asas Kekeluargaan!

Sabtu, 01 Desember 2018. UKM Jurnalistik, atau yang lebih keren disebut Lembaga Pers Mahasiswa Fakultas Hukum Unpatti telah sukses mengadakan Workshop Sehari Jurnalistik yang bertemakan "Mahasiswa Cerdas Dengan Memanfaatkan Media Online"


Kegiatan Workshop ini merupakan salah satu upaya untuk melaksanakan Program Kerja UKM yaitu Pelatihan Jurnalistik. Lembaga Pers Mahasiswa menyadari akan pentingnya media online bagi mahasiswa, pada perkembangan ilmu pegetahuan dan teknologi dewasa ini mahasiswa dipermudah dengan adanya media-media online, baik media massa online, maupun media sosial yang saat ini sudah sangat megglobal dan dikenal diseluruh dunia.

Namun seiring dengan berkembangnya IPTEK, sringkali media online tidak dimanfaatkan dengan efisien oleh mahasiswa-mahasiswi kekinian. Mahasiswa dewasa ini memiliki hasrat ketergantungan yang besar pada media online, namun apabila diamati lebih dalam, mereka belum mampu dalam memanfaatkan media online dengan baik, seringkali mahasiswa lebih terlena untuk menggunakan media online sebagai alternatif yang instan dalam membantu mereka membuat tugas dan sebagainya, sehingga mahasiswa kekinian terlihat lebih seperti 'dimanfaatkan' media online daripada sebaliknya.

Menyadari hal tersebut, LPM berinisiatif untuk membuat sebuah kegiatan yang mana dapat membuka pikiran mahasiswa-mahasiswi kekinian untuk lebih memperhatikan fungsi media online yang lebih luas dari yang mereka pikirkan. Sebuah kegiatan Workshop adalah kegiatan yang dilakukan bertahap atau berkelanjutan. Namun dikesempatan ini, LPM membuat kegiatan Workshop Sehari, dalam artian bahwa Workshop hanya akan berlangsung dalam satu hari saja.

Kegiatan Workshop Jurnalistik ini memiliki tujuan, diantaranya :
  1. Membangkitkan kesadaran mahasiswa dalam memanfaatkan media online
  2. Mengembangkan potensi mahasiswa dalam berpikir secara kritis
  3. Dan memperkokoh kebersamaan mahasiswa lewat diskusi bersama
Kegiatan ini juga memilki sasara, sasaran Workshop Sehari Jurnalistik ini diharapkan membuat mahasiswa mampu memanfaatkan media online dalam kehidupan sehari-hari untuk hal yang berguna, dapat meningkatkan potensi berpikir kritis serta menyalurkan ide-ide dan inspirasi menjadi sebuah karya yang mana karya itu dapat menjadi prestasi tersendiri bagi mahasiswa, memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan dibidang pers dan jurnalistik, serta dapat meningkatkan kesadaran berorganisasi.

Peserta kegiatan Workshop ini adalah mahasiswa-mahasiswi Fakultas Hukum Unpatti, namun adapula mahasiswa-mahasiswa fakultas lain yang berminat untuk mengikuti kegiatan workshop ini. Kegiatan ini dilaksanakan di Pantai Santai Beach yang terletak di Desa Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Ambon.

Diskusi bersama Pemateri S. J. Sisinaru, S.H, M.Hum (Pembina UKM Jurnalistik)

Selain pemberian materi oleh pembina UKM Jurnalistik, LPM FH juga mengundang Pemimpin Redaksi dari salah satu media online lokal, yaitu Bpk. Ferdi Unawekla, S.H selaku pemimpin redaksi CakraNews.id , LPM FH sekaligus membuat perjanjian kerjasama dengan CakraNews.id yang ditandatangani pada hari itu dan disaksikan oleh para peserta Workshop Jurnalistik. Salah satu isi perjanjian antara LPM FH dan CakraNews.id adalah saling bertukar berita/informasi, tujuannya agar LPM FH tidak hanya memuat berita seputar Fakultas saja tetapi juga dapat memberikan informasi terkait berita-berita terbaru yang terjadi di luar Fakultas Hukum kepada mahasiswa-mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Pattimura.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama antara UKM Jurnalistik / LPM FH dengan CakraNews.id

Kegiatan Workshop Sehari ini berlangsung dengan sederhana dan intens, terlihat kentalnya kebersamaan dan kekeluargaan yang terbangun antar peserta Workshop, selain pemberian materi, adapun mahasiswa ditugaskan untuk mengambil objek disekitar pantai untuk dijadikan sebuah berita, hal ini bertujuan untuk mengasah kemampuan jurnalistik mahasiswa.

Pemateri kedua yaitu kak Ferdi sendiri lebih banyak mendeskripsikan media online kepada peserta workshop, sehingga pemikiran yang tadinya hanya terbatas pada media-media sosial kini lebih meluas dan keluar daripada itu. Pemateri mengajarkan peserta tentang bagaimana memanfaatkan media online dan tidak 'dimanfaatkan' oleh media online, tidak termakan hoax, serta bagaimana membuat sebuah judul berita yang menarik minat pembaca. Diskusi bersama ini berlangsung sekitar 1 jam dan setelahnya peserta dibebaskan untuk melakukan rekreasi.

Dengan adanya kegiatan Workshop Sehari yang dilaksanakan oleh Unit Kerja Mahasiswa Jurnalistik Fakultas Hukum Unpatti, diharapkan mahasiswa menjadi lebih pandai dalam memanfaatkan Media Online, mahasiswa menjadi kreatif dan profesional dalam menghadapi tantangan kehidupan modern dengan pandai memanfaatkan media online dalam kehidupan keseharian, serta dapat dengan mudah memahami tugas dan fungsi Jurnalistik sehingga mahasiswa tidak hanya berpikir untuk mejadi seorang PNS setelah lulus nanti, tetapi lebih memiliki banyak pilihan diluar itu.

Terlaksananya kegiatan ini terutama karena kerja keras anggota LPM yang berusaha untuk mengadakan kegiatan dengan sebaik mungkin, juga dengan kesediaan kedua pemateri sehingga kegiatan dapat berlangsung sampai selesai. LPM Justice FH sendiri berharap bahwa kedepannya dapat mengadakan kegiatan-kegiatan sepeti ini, agar kemampuan mahasiswa dapat selalu diasah dan tidak tenggelam termakan waktu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMPERINGATI HARI HAM SEDUNIA, INI KATA MAHASISWA FAKULTAS HUKUM !

Selamat Hari Hak Asasi Manusia Sedunia !!! Tanggal 10 Desember telah secara resmi ditetapkan sebagai hari Hak Asasi Manusia sedunia.  Hal ini menjadikan tanggal 10 Desember setiap tahunnya diperingati sebagai hari HAM. Hak Asasi Manusia merupakan suatu hal yang sangat penting yang menjadi suatu lambang bahwa manusia mendapatkan kebebasan dan memilikinya sejak lahir dan tidak dapat diganggu gugat! Namun, pada kenyataannya HAM seringkali dirampas, sering tidak diakui. Sejak dahulu kejahatan yang berupa pelanggaran kepada HAM baik pelanggaran ringan maupun berat telah banyak terjadi. Perang terjadi dimana-mana, penjajahan, dan segala bentuk pelanggaran HAM lainnya. Sejarah kelam bangsa-bangsa umat manusia telah menyadarkan kita bahwa Hak Asasi Manusia adalah hak yang tidak terbatas dan pantas dimiliki oleh setiap orang tanpa memandang bulu. Oleh karenanya Hak Asasi Manusia menjadi suatu hal yang sampai saat ini terus diperjuangkan. Kita menyadari bahwa masih banyak sauda

ALIANSI MAHASISWA UNPATTI TUNTUT TRANSPARANSI PEMBANGUNAN

                                          Demontrasi Aliansi Mahasiswa UNPATTI di Rektorat Universitas Pattimura.                                                       (UKMJurnalistikFHUnpatti/Danillo O. Saununu)  AMBON ~Aksi demonstrasi yang dilakukan oleh Mahasiswa Unpatti di belakang Rektorat, Kampus UNPATTI Rabu 02 Desember 2021 menuai perhatian. Pasalnya para demonstran menuntut tuntas menindaklanjuti dugaan kasus korupsi atas pembangunan gedung baru Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Inkubator Bisnis UNPATTI. Para demonstran yang tergabung ke dalam Aliansi Mahasiswa Peduli UNPATTI  di komandoi oleh Muhammad Rizky . Aksi ini dilakukan guna mempertanyakan Anggaran dan Kualitas Pembangunan Gedung Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) yang dinilai adanya tindak pidana korupsi "Sejak disahkan nya Fakultas MIPA oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail gedung tersebut  mengalami keretakan dan pembangunan gedung tidak sesuai dengan RAB (Rancangan Anggara

RAPAT BULANAN DPM FAKULTAS HUKUM

  Nathalia Tanikwele, sekretaris Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Hukum Universitas Pattimura   memimpin rapat evaluasi Bulan Juli hingga Agustus 2021. Rapat yang berlangsung sejak pukul 13.00 WIT di lantai 3 ruang DPMF pada Jum’at 19 Agustus 2021 membahas kinerja setiap komisi   sekaligus kelanjutan program-program DPMF yang terkendala akibat PPKM ( Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) sejak 3 juli 2020. selaku ketua Komisi A, Jisisya A. Hutubessy     bidang Penataan dan Kelembagaan Masyarakat   menyampaikan program yang telah terlaksanan yaitu pembentukan KPRM ( Komisi Pemilihan Raya Mahasiswa)   dan tengah berjalan adalah program “ Forum Aspirasi Mahasiswa” .menutup laporannya ketua komisi A mengharapkan program Bina keakraban (BINKRAB) dapat segera terlaksana. “ ada beberapa kendala , yang pertama covid , PPKM terus berlangsung . jadi katong seng bisa paksa keadaan juga.” ungkap ketua komisi A dalam laporannya.             Sedangkan pada bidang Pengawasa